Senin, 16 April 2018

Pelatihan Dalam Jaringan (daring)

SAGUSABLOG, sebuah istilah yang sangat asing bagi saya selaku pengguna awam telegram.  Jujur, tak lama saya bergelut dengan aplikasi telegram membuat saya agak jetlag, kalau boleh
menggunakan istilah dalam penerbangan, dengan fitur dan channel yang ada, entah kenapa otomatis
tersambung tak lama saya mendownload aplikasi ini dari playstore.

Awalnya ada ajakan untuk berperan aktif dalam kegiatan belajar online khususnya bagi para guru yang notabene sesuai tuntutan sertifikasi harus pro aktif dalam kemajuan teknologi informasi terutama penggunaan internet dalam menggali dan mengembangkan keprofesionalan diri dalam upaya mengiringi pembelajaran abad 21.  Sebut saja pelatihan dalam jaringan (daring) itu sebagai pelatihan Geogebra, sebuah aplikasi matematika yang jujur, sangat dibutuhkan sebagai salah satu alat bantu dalam pembelajaran matematika.  Pendek kata saya tertarik dan terjun langsung dalam kegiatan ini.  Alhamdulillah, dalam keikutsertaan sebagai panitia, istilah kegiatan ini boleh dibilang Wali Kelas dapat saya laksanakan dengan baik.

Tak berapa lama ada tawaran dari teman sesama eks panitia untuk mengikuti kegiatan SAGUTAPE.  Saya pikir, apa pula ini.  Ternyata SAGUTAPE, merupakan istilah dalam Pelatihan Ikatan Guru Indonesia (IGI) yang kebetulan dimentoring langsung oleh Ibu Sohibah.  Kegiatan ini pun selesai saya ikuti dan alhamdulillah sertifikatnya sudah saya terima dengan baik.  Selanjutnya, rasa haus dan penasaran saya akan pembelajaran online khususnya bagi guru yang lumayan sibuk dengan kegiatan harian di sekolah memantik rasa keingintahuan saya untuk ikut berperan aktif dalam kegiatan "Satu Guru Satu Blog" atau istilah kerennya SAGUSABLOG yang diawal tulisan telah saya singgung.

Kegiatan SAGUSABLOG ini dilengkapi dengan modul-modul dan tutorial yang dapat dengan mudah didownload pada laman LMS yang telah tersedia.  Alhamdulilah, modul-modul dan video tutorial tersebut amat sangat membantu saya pribadi sebagai peserta dalam mempelajari pembuatan blog sebagai salah satu sarana pembantu dalam kegiatan belajar mengajar.

Semoga dengan mengikuti kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme saya dalam menjawab tantangan pembelajaran abad 21.  Aamin yaa robbal alamin.

Info tambahan :
Untuk mengecek info GTK dapat menggunakan link berikut.  (Info GTK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1439 H TAQOBALALLAHU MINNA WAMINKUM MOHON MAAF LAHIR BATIN